Penerimaan CPNS Via Online Membuat Calon Bingung | Ujungbatu Info

Penerimaan CPNS Via Online Membuat Calon Bingung

Ujungbatu.web.id, - Penerapan sistem online pada rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2014 membingungkan para pencari kerja di daerah. Bahkan ada yang menilai penggunaan sistem ini sangat merugikan para calon pelamar, terutama kerugian materi, karena setiap hari harus keluarkan duit guna membayar jasa warnet.
"Menurut pendapat saya, sistem yang diterapkan BKN dan Kemenpam-RB, sangat merugikan calon pelamar CPNS. Sebab informasi seputar formasi jabatan, juga proses pendaftarannya, semua harus melalui internet. Untuk mengakses internet di warnet kan tidak gratis," ujar Billy, seorang pelamar yang ditemui di Warnet Plaza Telkom, Jumat (23/8/2014).
Dia menilai, penerapan sistem baru ini tak sebaik sistem yang lama, khususnya terkait pengumuman formasi dan pendaftaran secara online.
"Sistem ini, masih lebih baik yang lalu-lalu. Karena, pelamar hanya keluar ongkos transportasi dari rumah ke kantor BKDD atau kantor Pos. sedangkan sekarang ini, makin banyak duit yang harus kita keluarkan," tegasnya.
Informasi resmi dari BKN maupun Kemenpan pun sangat membingungkan, sehingga sangat merugikan calon pelamar.
"Bagaimana tidak, di website disampaikan bahwa pendaftaran sudah dimulai, namun anehnya ketika hendak mendaftar muncul pemberitahuan bahwa pendaftaran belum dibuka. Yang benar yang mana?" ujarnya menyesalkan.
Senada dilontarkan Steven Renkungon, lulusan sarjana Unsrat yang baru saja diwisuda kemarin. Menurutnya, informasi yang dipublikasi BKN dan Kemenpan-RB sangat membingungkan, karena formasi untuk daerah belum bisa diakses, sementara waktu yang diberikan untuk proses pendaftaran CPNS kali ini sangat pendek.
"Kami berharap pemerintah konsisten," pintanya.
Namun demikian, meskipun keduanya mengkritik soal pengumuman dan pendaftaran yang dinilai membingungkan, mereka sangat sepakat soal penggunaan sistem CAT, karena menurut informasi yang mereka dapat bahwa sistem itu sangat objektif dan jauh dari tindakan kong-kalikong pejabat daerah dan peserta yang punya duit atau kerabat pejabat.
"Kami sangat mendukung penerapan sistem CAT dalam ujian nanti, karena menurut rekan saya yang pernah ikut tes CPNS Mitra, hasil tesnya bisa langsung dilihat, sehingga sangat objektif dan tidak bisa dimanipulasi. Namun untuk pendaftaran secara online ini jelas sangat merugikan, karena setiap hari harus ke warnet untuk cek apakah sudah bisa mendaftar," tendasnya.
Sementara Kepala BKD Manado, Fentje Pontoh mengatakan, kuota untuk Manado belum ada sehingga calon pelamar dimbaunya harus mengecek terus.
"Pendafataran lewat website panselnas, tidak melalui Kantor BKD. Kenapa sekarang belum ada di online, karena kuota untuk Manado belum ada sehingga pelamar harus mengecek terus," ujarnya

0 Response to "Penerimaan CPNS Via Online Membuat Calon Bingung"

Post a Comment

Komen Anda Menentukan Kualitas Kami